Saturday, May 5, 2012


Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :
  1. Meski Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) telah ada sejak tahun 1952, namun selama masa Orde Baru organisasi ini tidak beraktivitas sebagaimana diharapkan, apalagi kemudian dinyatakan bukan sebagai badan otonom Nahdlatul Ulama. Mengingat bahwa PERGUNU sebagai organisasi profesi yang strategis, maka dalam Muktamar ke 32 di Makassar, organisasi ini dinyatakan sebagai badan otonom Nahdlatul Ulama.
  2. Pada bulan Juli 2011 telah diselenggarakan Kongres Nasional ke–1 PERGUNU yang menghasilkan terpilihnya Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A sebagai Ketua Umum Periode 2011-2016. Dengan kepengurusan baru ini diharapkan PERGUNU mampu memainkan perannya dengan tepat dalam ikut-serta membangun bangsa dan negara Indonesia.
  3. Pada kesempatan ini, ijinkan saya mengucapkan beribu terima kasih atas apresiasi dan mandat yang diberikan oleh peserta Kongres ke-1 PERGUNU yang baru lalu, semoga mandat dan amanah ini bisa saya jalankan demi menjadikan PERGUNU sebagai organisasi profesi yang kelak akan membawa peningkatan kompetensi para guru Indonesia demi tercapainya pencerdasan kehidupan bangsa.
  4. Secara garis besar, PP PERGUNU mendasarkan visinya pada keinginan untuk mencapai guru Indonesia yang berkompeten, berkeahlian sekaligus berakhlaqul karimah. Oleh karenanya, misi PP PERGUNU diarahkan demi pencapaian visi tersebut secara nyata, utamanya dalam membentuk guru Indonesia yang cakap, cerdas, dan berkepribadian islami.
  5. Untuk mengejawantahkan visi dan misi tersebut, PP PERGUNU telah menyiapkan program yang selaras dan in-line dalam pencapaian kinerja guru Indonesia sebagaimana tertuang dalam payung program. Program kerja PERGUNU periode 2011-2016 ini telah disusun sebagai rencana-payung (an umbrella plan) yang berisi berbagai usulan kegiatan terpadu (integrated activities) dalam rangka Pembangunan Kapasitas (Capacity Building) Sumber-Daya Manusia PERGUNU.
  6. Saya berkeyakinan bahwa tanpa keterlibatan seluruh anggota dan unsur lainnya, mustahil kiranya visi, misi dan program kerja PP PERGUNU tersebut dapat terwujud. Dalam kesempatan ini saya menghimbau kerjasama dan partisipasi seluruh kompenen pendidikan nasional khususnya para guru Indonesia demi tegaknya keadilan dan terwujudnya kesejahteraan, sekaligus tercapainya masyarakat Indonesia yang beradab dan berpendidikan.
Demikian kiranya kata sambutan ini saya sampaikan sebagai upaya mengawali perjuangan dalam dunia pendidikan, khususnya perjuangan para guru Indonesia. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rakhmat-Nya kepada kita semua. Amin yaa robbal ’aalamin.
Wallahul muwaffiq ilaa aqwamith thoriq
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


DR. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A
Sumber : http://www.pergunu.org/

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More